Tuesday, October 23, 2012

IGA SAPI KUAH ASAM

Menjelang akhir bulan gini persediaan di dapur dah mulai menipis dan itu berarti dah mulai bingung deh mau masak apa hehehe,,,puter otak manfaatkan yg ada di frezer,,ada iga sapi tapi pengen sesuatu yg beda karena biasanya cuma saya bikin sop aja,,coba dibikin kuah asam yuk ;)

Salah satu bahan yg akan saya gunakan adalah belimbig wuluh atau yg biasa dikenal dengan belimbing sayur,sekedar berbagi info yg saya baca dari salah satu milis kesehatan,buah yg berbahasa latin Avverhoa bilimbi ini berasala dari benua Amerika tapi sebagian orang juga mengatakan buah ini berasal dari kepulauan Maluku. Nah manfaat dari buah yg rasa asamnya luar biasa ini ternyata banyak banget lho,,selain buat kesehatan juga buat kecantikan,diantaranya dipakai sebagai obat batuk,obat darah tinggi dan juga obat jerawat,tapi krn kali ini gak sesuai tema mungkin lain kali insyaallah akan saya posting detailnya ya hehehe.

Bahan :

IGA SAPI

Bahan yg dihaluskan :

1. 3 butir kemiri
2. 5 cabai merah (kalau mau) 3.
3 siung bawang merah 4.
4 siung bawang putih
5. irisan lengkuas
6. 1 ruas jari kunyit
7. sedikit jahe
8. gula dan garam secukupnya
9. sereh,daun salam dan daun jeruk(yg ini tidak dihaluskan ya :D)
10.cabai rawit merah(biarkan utuh/tidak dihaluskan)
11.5 buah belimbing wuluh(potong 2 diagonal atau biarkan utuh sesuai selera)
12.1sdm kecap manis
13.Air asam jawa yg kental

Cara memasak :

rebus iga sapi yg telah dicuci bersih bersama dengan sereh dan daun salam(kalau mau lebih cepat lunak rebus di panci presto) sampai matang. sambil menumggu iga sapi matang,tumis bumbu yg telah dihaluskan hingga wangi kemudian masukkan air asam yg kental dan tambahkan kecap manis tumis hingga bumbu matang. Setelah iga matang masukkan bumbu yg telah ditumis tadi ke dalam air rebusan iga tambahkan gula dan garam secukupnya,masukkan cabe rawit merah utuh dan belimbing wuluh,masak hingga mendidih dan belimbing wuluh lunak,angkat dan siap dinikmati :)

No comments:

Post a Comment